Manfaat Daun Pandan



MANFAAT DAUN PANDAN
  
A.    DAUN PANDAN
Pandan wangi (atau biasa disebut pandan saja) adalah jenis tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki dan beraroma wangi yang khas. Daunnya merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.
Tumbuhan ini mudah dijumpai di pekarangan atau tumbuh liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Akarnya besar dan memiliki akar tunjang yang menopang tumbuhan ini bila telah cukup besar. Daunnya memanjang seperti daun palem dan tersusun secara roset yang rapat, panjangnya dapat mencapai 60cm. Beberapa varietas memiliki tepi daun yang bergerigi
B. KERAJINAN ANYAMAN DAUN PANDAN
Seuke (dalam bahasa Aceh) disebut juga dengan daun pandan adalah bahan baku yang sering digunakan dalam membuat kerajinan anyaman. Dahulu, anyaman pandan ini hanya digunakan untuk membuat tikar saja, namun kini berbagai macam barang dapat dihasilkan dari anyaman pandan ini antara lain, aneka tas, sandal, sarung bantal kursi dan lain sebagainya. Anyaman pandan ini banyak ditemui di Kabupaten Pidie, Kabupaten Pidie Jaya dan kabupaten Aceh Utara. Sekarang ini banyak lembaga sosial maupun dinas pemerintah lokal yang peduli akan prospek usaha kerajinan anyaman pandan ini sehingga banyak melakukan pelatihan bagi pengrajin/ masyarakat lokal mengenai model maupun jenis yang bisa dibuat dari anyaman pandan.

Proses Pembuatan Anyaman Pandan, bahan baku anyaman pandan adalah daun pandan yang panjangnya mencapai 2 (dau) meter. Daun pandan disayat atau dibelah-belah menurut alur memanjang setelah dibersihkan terlebih dahulu. Daun pandan ini diebus dalam air panas agar menjadi lunak, serta untuk mematikan hama, kemudian diangkat dan dikeringkan dengan menjemurnya pada panas matahari.
Setelah kering, diberi warna sesuai keinginan dengan mencelupkannya kedalam zat cairan zat pewarna yang telah dimasak dengan air panas,lalu diaduk hingga rata. Setelah warna merata, lalu diangkat dan dijemur lagi hingga kering. Setelah kerig, maka pandan ini siap untuk dianyam. Bahan baku yang telah siap pakai ini dianyam sesuai denga kebutuhan, baik dengan motif yang diinginkan maupun dalam bentuk polos.
Kerajinan Tangan dari Daun Pandan - Daun pandan banyak sekali manfaatnya, selain digunakan untuk wangi-wangian, daun pandan ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan yang sangat cantik. Contohnya : Tas, kotak pensil, dompet ..
Cara Membuatnya :
  1. Pandan dibersihkan dan dibuang duri-durinya
  2. Daun pandan dipotong sesuai ukuran anyaman (mulai 1cm hingga 3cm). Potongan-potongan tersebut lalu direbus selama 30 menit. Kemudian pandan yang sudah direbus, dikeringkan di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari. 
  3. Setelah didiamkan selama 6jam, baru daun pandan tersebut dilemaskan dan direndam air biasa selama 4jam.
  4. Baru dijemur di bawah sinar matahari hingga warna berwarna keputihan
  5. Setelah itu, daun pandan tersebut sudah bisa diwarnai. Setelah proses pewarnaan dan proses pengeringan selesai, maka pandan tersebut sudah bisa dianyam.
  6. Daun pandan dianyam sesuai pola.
Macam-Macam Kerajinan dari AnyamaN PandaN
Selain Anyaman tikar, Masih banyak lagi kerajinan anyaman yang di buat dengan memanfa'atkan tanaman pandan. di antara nya Tas, Sendal, Kipas, dan lain-lain.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment