Cara melatih meningkatkan ingatan



Cara Melatih Meningkatkan Ingatan Kembali
                Banyak cara untuk meningkatkan ingatan kembali salah satunya adalah melatihnya, yaitu mengajukan pertanyaan kepada diri anda sendiri tentang apa yang ingin kita pelajari dan pilihlah poin-poin yang sulit untuk diingat kembali kemudian baca sekali lagi, mungkin dapat diuraikan sehingga poin-poin itu mempunyai hubungan yang baik antara satu dengan yang lainnya. Melakukan upaya untuk mengingat kembali merupakan penggunaan waktu belajar yang sangat efisien.

                Yang kedua adalah dengan cara membuat istilah yang ita buat sendiri sehingga memudahkan kita untuk mengingat kembali kata-kata yang harus kita ungkapkan. Seperti misalkan, warna pelangi merah, jingga, kuning, hijau, biru, nilal(orange), dan ungu. Kita ambil huruf yang didepannya menjadi “mejikuhibiniu”.
                Ketiga adalah dengan menggunakan metode PQ4R, metode ini mengambil nama dari singkatan huruf pertama dair keenam tahapannya : 1 preview (penjajakan), 2 Questions(mengajukan pertanyaan), 3 read(membaca), 4 Reflect(merefleksikan), 5 recite(menceritakan), 6 review(mengulang).
                Pada tahap pertama penjajakan materi tersebut, seperti sebuah bab, mendapatkan gagasan tentang berbagai topic pokok dan bagiannya. Penjajakan semacam ini mungkin memungkinkan untuk mengorganisasi bab tersebut karena hal ini akan membantu kemampuan kita untuk mengingatnya kembali.
Tahapan kedua dan ketiga questions dan read, membentuk sebuah paket. Pada tahap question diharuskan mengajukan pertanyaan untuk setiap bagian, sedangkan pada tahap read diharuskan untuk membaca bagian itu dengan teliti untuk menjawab pertanyaan tersebut sebagai contoh misalkan kita akan melihat judul makalah ini yaitu ingatan dan mengajukan pertanyaan seperti : bagaimana proses ingatan itu ?, bagaimana cara meningkatkan ingatan, dll ?. kemudian baca bagian itu dan coba untuk menentukan jawaban atas pertanyaan yang telah dibuat.
Tahap keempat, reflect diminta untuk merefleksikan teks pada waktu membaca, memikirkan contohnya dan membuat hubungan dengan hal-hal lain, reflect juga memegang peranan yang penting pada tahap kelima dan keenam, recite dan review. Recite (menceritakan) terjadi sesudah menyelesaikan satu bagian, sedangkan review terjadi setelah menyelasaikan satu bab penuh. Pada tahap ini juga diupayakan untuk mengingat berbagai fakta penting dari apa yang dibaca dan lagi dari pertanyaan yang diajukan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment