Cara Melatih Meningkatkan Ingatan Kembali
Banyak
cara untuk meningkatkan ingatan kembali salah satunya adalah melatihnya, yaitu
mengajukan pertanyaan kepada diri anda sendiri tentang apa yang ingin kita
pelajari dan pilihlah poin-poin yang sulit untuk diingat kembali kemudian baca
sekali lagi, mungkin dapat diuraikan sehingga poin-poin itu mempunyai hubungan
yang baik antara satu dengan yang lainnya. Melakukan upaya untuk mengingat
kembali merupakan penggunaan waktu belajar yang sangat efisien.
Yang
kedua adalah dengan cara membuat istilah yang ita buat sendiri sehingga
memudahkan kita untuk mengingat kembali kata-kata yang harus kita ungkapkan.
Seperti misalkan, warna pelangi merah,
jingga, kuning, hijau, biru, nilal(orange), dan ungu. Kita ambil huruf yang
didepannya menjadi “mejikuhibiniu”.
Ketiga
adalah dengan menggunakan metode PQ4R, metode
ini mengambil nama dari singkatan huruf pertama dair keenam tahapannya : 1
preview (penjajakan), 2 Questions(mengajukan pertanyaan), 3 read(membaca), 4
Reflect(merefleksikan), 5 recite(menceritakan), 6 review(mengulang).
Pada
tahap pertama penjajakan materi tersebut, seperti sebuah bab, mendapatkan
gagasan tentang berbagai topic pokok dan bagiannya. Penjajakan semacam ini
mungkin memungkinkan untuk mengorganisasi bab tersebut karena hal ini akan
membantu kemampuan kita untuk mengingatnya kembali.
Tahapan kedua
dan ketiga questions dan read, membentuk sebuah paket. Pada tahap question
diharuskan mengajukan pertanyaan untuk setiap bagian, sedangkan pada tahap read
diharuskan untuk membaca bagian itu dengan teliti untuk menjawab pertanyaan
tersebut sebagai contoh misalkan kita akan melihat judul makalah ini yaitu
ingatan dan mengajukan pertanyaan seperti : bagaimana proses ingatan itu ?,
bagaimana cara meningkatkan ingatan, dll ?. kemudian baca bagian itu dan coba
untuk menentukan jawaban atas pertanyaan yang telah dibuat.
Tahap keempat,
reflect diminta untuk merefleksikan teks pada waktu membaca, memikirkan
contohnya dan membuat hubungan dengan hal-hal lain, reflect juga memegang
peranan yang penting pada tahap kelima dan keenam, recite dan review. Recite
(menceritakan) terjadi sesudah menyelesaikan satu bagian, sedangkan review
terjadi setelah menyelasaikan satu bab penuh. Pada tahap ini juga diupayakan
untuk mengingat berbagai fakta penting dari apa yang dibaca dan lagi dari
pertanyaan yang diajukan.
ConversionConversion EmoticonEmoticon