Cara menjadi sehat secara mental



Cara menjadi sehat secara mental
                jika Anda mempunyai kesehatan mental yang buruk atau sangat buruk, tak perlu khawatir. Cobalah melakukan hal-hal berikut.
·         Kembangkan di dalam diri anda perasaan-perasaan yang memadai.
Kenali perasaan tidak aman di dalam dan disekililing anda. Susunlah solusi untuk yang nyatadan lupakan yang tidak nyata. Kita merasa tidak mampu menangani situasi sulit dalam kehidupan. Kita mulai khawatir tentang masa depan kita. Jangan menyerah. Uruslah masa kini, maka masa depan akan mengurus dirinya sendiri.

·         Buatlah evaluasi diri yang jujur dan memadai
Kenali diri anda sendiri. Kenali kekuatan anda dan terimalah kelemahan anda. Menerima dan kemudian mengatasi kelemahan anda akan memperkuat anda.

·         Kembangkan spontanitas dan emosionalitas yang memadai
anda harus bersikap spontan dalam semua tindakan Anda. Jangan menunggu tarikan atau dorongan. Menerima kehangatan emosional dari orang lain adalah hal yang baikuntuk kesehatan mental anda.

·         Peliharalah kontak yang efisien dengan realitas
Diana Hayden mengatakan pada pemilihan miss universe, “dari mimpilah realitas lahir.” Bahkan jika anda adalah seorang pemimpi, buat mimpi itu berorientasi positif sehingga anda dapat mengubahnya menjadi realitas. Belajarlah untuk hidup di dalam dunia ini, dan bukan diluarnya.

·         Miliki hasrat jasmani yang memadai dan kemampuan untuk memenuhinya.
Anda harus makan dan tidur secara cukup. Namun, tiap orang membayar harga yang berbeda-beda untuk memenuhi hasrat-hasrat itu. Banyak orang mengeluarkan biaya besar untuk makan dan tidur yang memadai. Jika anda termasuk dalam kelompok itu, anda haru menyusun rencana agar anda dapat membiayai kemewahan seperti ini. Tentu akan bermanfaat bagi anda. “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat” adalah pribahasa yang sangat tua.

·         Miliki pengetahuan yang memadai tentang diri anda
Kenali diri sendiri dan kesehatan akan mengikuti, banyak orang yang acuh terhadap diri sendiri. Kita cenderung memandang diri terlalu rendah atau terlalu tinggi. Keduanya mempunyai kerugian masing-masing. Kita adalah apa adanya diri kita, dan bukan apa yang kita anggap sebagai diri kita. Namun demikian, kita harus selalu berpikir positif tentang diri kita sendiri.

·         Miliki kepribadian yang utuh dan konsisten
Kita harus mempunyai konsisten dalam pikiran dan tindakan. Hindari kepribadian yang terbelah. Ingatlah bahwa bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Hal yang sama berlaku untuk kepribadian. Individu yang utuh dan kosisten dengan pikiran dengan pikiran seimbang akan selalu kuat dan sehat secara mental.

·         Miliki tujuan hidup yang memadai
Keberadaan anda di dunia ini punya tujuan tertentu. Definisikan maksud dan tujuan anda dalam hidup. Tentukan tujuan anda dan lakukan sesuatu untuk mencapainya. Raih nikmatnya berhassil mencapi sesuatuhal ini menjadi kebahagiaan bagi anda dan kegembiraan, dan menjadi kunci kesehatan mental.

·         Belajarlah dari pengalaman
Kita semua memiliki pengalaman baik atau buruk dalam hidup, dan kita belajar dari keduanya. Pengalaman buruk mengajari kita agar terus mencari pengalaman baik. Sesungguhnya tidak ada guru yang lebih baik di dunia ini kecuali pengalaman.

·         Kembangkan kemampuan untuk memuaskan kebutuhan kelompok
Manusia adalah makhluk social yang secara konstan berinteraksi aktif dengan individu lain. Kita memberi dan kita menerima. Kita harus mengikuti norma-norma dan memenuhi kebutuhan social dari masyarakat. Kita juga harus berguna dalam keselarasan untuk menghindari ketidakselarasan.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Unknown
admin
27 January 2015 at 17:54 ×

thanks...

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment