Penyebab dan ciri-ciri pergaulan bebas



“PERGAULAN BEBAS”
          Pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang, yang mana “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran yang ada. Masalah pergaulan bebas ini sering kita dengar baik lingkungan maupun di media masa.
1.    Penyebab pergaulan bebas :
a)    Faktor orang tua
Para orang tua perlu menyadari bahwa jaman telah berubah. System komunikasi, pengaruh media masa, kebebasan pergaulan dan modernisasi dibebagai bidang dengan cepat mempengaruhi anak-anak.
b)    Faktor agama dan iman
Agama dan keimanan merupakan landasan hidup seorang individu. Tanpa agama hidup mereka akan kacau karena mereka tidak mempunyai pandangan hidup.
c)     Perubahan zaman
Remaja biasanya lebih tertarik untuk meniru kebudayaan barat yang berbeda dengan kebudayaan kita, sehingga memicu mereka untuk bergaul seperti orang barat yang lebih bebas.


2.    Ciri-ciri pergaulan bebas :
a)    Upaya mendapatkan harta dan uang dengan menghalalkan segala cara termasuk dari jalan yang haram dan keji.
b)    Rasa ingin tahu yang besar
c)     Penghamburan harta untuk memenuhi keinginan seks bebasnya
d)    Rasa ingin coba dan merasakan
e)    Menimbulkan perilaku munafik dalam masyarakat

3.    Dampak pergaulan bebas :
Pergaulan bebas identik sekali dengan yang namanya “Dugem” (dunia gemerlap). Didalamnya marak sekali pemakaian narkoba . ini identik sekali dengan adanya seks bebas. Yang akhirnya berujung kepada Hiv/Aids, dan penyakit lainnya.

4.    Cara mengatasi pergaulan bebas :
a)    Perdalam ilmu agama
Pemahaman ilmu agama yang baik akan menjadi tameng utama bagi seseorang untuk bisa menghindarkan dirinya dari pergaulan bebas.
b)    Pendidikan orang tua
Mereka berperan sebagai pengontrol bagi tingkah laku anak. Jika orang tua mengabaikan perannya dalam pendidikan anak, maka anak akan cenderung merasa bebas bertindak. Itu sebabnya banyak pemuda yang terlibat dalam pergaulan bebas adalah mereka yang mengalami Broken Home.
c)     Menyibukkan diri dengan kegiatan yang bermanfaat
Maka seseorang bisa mengalihkan pikirannya dari hal-hal yang negative . jangan biarkan diri anda menganggur tanpa kegiatan yang bermanfaat karena hal itu bisa memicu untuk melakukan hal-hal yang negative.
d)    Memilih pergaulan yang baik
Baik buruknya seseorang sangat dipengaruhi oleh teman bergaulnya. Oleh karena itu, pilihlah teman yang baik yang mengajak pada kebaikan sehingga anda akan terhindar dari pergaulan bebas.
e)    Menghindari pacaran
Pacaran tidak hanya merangsang pikiran-pikiran negative akan tetapi juga melahirkan kekuatan yang negative juga. Seseorang yang suka berpacaran cenderung mudah untuk berbohong, menghianati teman, boros , dan lain sebagainya.
f)      Lebih sering berada dirumah
Dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat. Bukan bararti anda tidak bergaul. Tetap bergaul, akan tetapi tetap focus pada peningkatan kemampuan personal anda seperti menulis, bermain piano, gitar dan lain sebagainya yang menyenangkan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment